Diberdayakan oleh Blogger.

Beberapa Tempat Hanami Terbaik di Jepang



Image source 1
Musim dingin telah berakhir di beberapa tempat di Jepang, ucapkan selamat tinggal pada putihnya salju dan meriahnya festival musim dingin, sekarang saat nya bersenang senang dengan udara segar, menikmati tenangnya aliran sungai yang mulai kembali mengalir dengan bersih, rumput rumput yang mulai menghijau dan jangan lupakan bunga sakura yang akan segera mekar!!  Setiap musim di Jepang memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri akan tetapi musim semi adalah yang terbaik, yaap benar!! Bunga sakura hal yang paling ditunggu di musim semi, terlebih lagi kita dapat menikmati tradisi Hanami  bersama keluarga dan teman teman dekat atau mungkin biar lebih pas ya.... uhm uhm... sama pacar (tapi kalo punya sih ya)

Apa itu Hanami?

   Image source 2

Apa ada yang belum tau hanami itu apa!!?? Waah waah yasudah deh dijelasin dulu bentar ya, jadi menurut bahasa Hanami itu berasal dari kata “Hana” yang berarti bunga dapat diartikan sebagai “Flower viewing” atau melihat bunga. Intinya Hanami merupakan tradisi di mana pada musim semi orang Jepang akan berdatangan dan memenuhi taman taman sakura, mereka menggelar tikar di bawah rindangnya pohon sakura dengan bunga yang sudah mekar dan mulai berguguran sedikit demi sedikit. Bercanda ria melepas penat bersama orang orang terdekat, berbagi sake satu sama lain merupakan pengalaman unik yang hanya bisa didapat dari tradisi hanami ini. Lalu dimanakah tempat tempat hanami terbaik yang ada di Jepang?  Sebenarnya ada banyak tempat yang menjadi spot hanami pada saat musim semi tiba, namun ada beberapa tempat yang menjadi favoritnya orang Jepang, dimana saja tempatnya? Ayo kita lihat Minna-san jya!! Ittekimasu :D

1. Ueno Park, Tokyo

Image Source 3
Ueno park merupakan sebuah taman publik yang berlokasi di dekat stasiun Ueno tepatnya di tengah tokyo. Tempat sebenarnya merupakan bagian dari wilayah Kaneiji Temple yang merupakan wilayah kekuasaan Clan Tokugawa pada masa Edo. Sekarang Ueno park dikenal sebagai salah satu spot hanami terbaik dan yang paling terkenal di Tokyo, periode mekarnya bunga sakura di ueno park adalah sekitar akhir maret sampai awal april. Ada sekitar lebih dari 1000 pohon cherry blossom atau sakura di taman ini sehingga setiap musim semi ueno park selalu menarik banyak pengunjung yang datang untuk melakukan tradisi Hanami.

2.  Maizuru Park, Fukuoka

Image Source 4
Maizuru park berlokasi tepat di tengah kota fukuoka. Tidak hanya spot hanami, di maizuru park terdapat reruntuhan fukuoka castle yang merupakan kastil terbesar di kyushu pada masa Edo, akan tetapi kastil ini benar benar termakan oleh restorasi meiji sehingga saat ini hanya menyisakan reruntuhan saja. Maizuru park menjadi spot hanami yang spesial di Fukuoka, menggelar tikar di bawah rindangnya pohon sakura di tambah lagi dengan di kelilingi oleh reruntuhan kastil fukuoka memberikan suasana yang sangat tradisional sekali seakan akan kita dibawa kembali pada zaman edo, saat dimana kastil ini masih beridir dengan kokoh.

3. Nara Park, Hanami bersama Rusa Nara??

Image Source 5
Taman yang berada di sentral kota nara ini hanya memakan waktu lima menit berjalan kaki dari Kintetsu stasiun kereta api Nara. Hal yang membuat hanami di Nara menjadi menarik adalah kita bisa hanami dan melihat rusa rusa nara yang sangat lucu dan selalu lapar! Ya lapar, saran terbaik adalah jangan pernah mengajak rusa rusa ini untuk hanami bersama kalian, jangan pernah!! Kenapa? Karena rusa ini sedikit agresif saat meminta pengunjung untuk memberi makan kepada mereka, kalian tidak mau kan kehabisan sake karena si rusa yang lucu tapi rakus ini. Akan lebih baik jika kalian menyelesaikan hanami terlebih dahulu, setelah itu silahkan berkeliling melihat lihat dan bermain dengan rusa rusa nara yang lucu ini juga sebagai tambahan jangan lupa untuk membawa makanan sang rusa yang banyak dijual di sekitar daerah tersebut.

"Jangan tertipu dengan keluguan rusa nara"

4. Osaka Mint Bureau

Image source 6
Osaka mint bureau bukan hanya sekedar Kantor Kepala pemerintahan jepang yang bertanggung jawab mengurus uang koin, medali, dan berbagai barang dari metal. Pada kawasan taman kantor ini tumbuh pohon pohon sakura yang memiliki keunikan tersendiri, Terdapat sekitar 300 pohon sakura dari 100 jenis sakura yang berbeda varietas, itu artinya pohon pohon sakura di kawasan taman perkantoran Osaka mint ini akan menyajikan warna warni dari berbagai jenis sakura yang berbeda pada saat musim semi. Kawasan taman perkantoran ini dibuka untuk umum pada hari senin sampai dengan hari Jumat selama pertengahan april yang merupakan puncak keindahan mekarnya bunga sakura di kawasan ini dan terlebih lagi biaya masuknya gratis!!

5. Kawazu, Festival Bunga Sakura

Image Source 7
Jika hanami tidak cukup buat kalian, Kawazu menyelenggarakan sebuah festival cherry blossom untuk kalian. Kawazu merupakan sebuah kota kecil di sebelah tenggara Izu, festival ini di selenggarakan sekitar minggu terakhir februari sampai dengan awal maret, bunga sakura di kawasan ini memang lebih cepat mekar. Untuk sampai di Kawazu kalian akan memakan waktu sekitar 2 jam dari tokyo. Bukan hanya melihat keindahan bunga sakura yang mekar sangat lebat di kawasan ini, kalian juga dapat menikmati kuliner khas musim semi salah satunya sakura udon. Kawazu Cherry Blossom Festival pada tahun ini sudah digelar dari tanggal 5 februari dan akan berakhir pada tanggal 10 februari.

"Sakura Udon"
Ayo silahkan pilih spot hanami tervaforit kalian atau share spot hanami yang menurut kalian juga tidak kalah menarik dari spot hanami di atas, atau kalian sudah pernah mendapat pengalaman melakukakn hanami sebelumnya? Ayo share pengalaman dan pendapat kalian di kolom komentar ya, Arigatou gozaimasu Minna-san :)


Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

1 komentar:

  1. tempat-tempatnya sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

    BalasHapus