Diberdayakan oleh Blogger.

Pengalaman Merasakan Bedanya Perayaan Halloween di Jepang



TRICK OR TREAT!! Halloween udah tiba nih minna-san, bagaimana aja nih persiapan minna-san untuk merayakan halloween? mungkin di Indonesia perayaan yang sangat terkenal ini masih bisa dibilang belum cukup tabu akan tetapi di Jepang halloween menjadi salah satu perayaan yang sangat populer terutama di kalangan muda mudi, entah udah berapa kali mimin-san nulis gini di postingan tapi apalagi yang dapat minna-san harap dari sebuah negara penggila festival, sekalipun festival yang ngimpor dari budaya barat tetep aja kalo udah nyampe Jepang bakal dirayakan semeriah mungkin termasuk halloween salah satu diantaranya. 

Akan tetapi apakah cara negri sakura merayakan halloween sama dengan cara negara barat merayakannya? menurut mimin-san sendiri tidak jauh berbeda, setidaknya gak sejauh kontrasnya perbedaan antara perayaan natal di Jepang dengan negara negara lainnya, konsep halloween di Jepang masih terbilang sama pada konsep halloween yang tidak terlepas dari pesta kostum dan clubbing, tapi sampai saat mimin-san ngetik artikel ini masih belum ada anak kecil pake kostum yang ngetok pintu apartemen mimin-san buat nagih permen, kalo bapak bapak pake seragam sih tadi pagi ada ngetok pintu apartemen mimin-san, mimin-san kasih permen eh ternyata dia bukan mau nagih permen tapi nagih duit sewa kamar (maklum masih nunggak biaya sewa sebulan)

memang seumur umur mimin-san kagak pernah ngerayain halloween ama sekali, bagi mimin-san sih ngapain juga repot repot dandan berjam jam buat jadi serem biar dapet segenggam permen, di Indonesia kan gampang banget buat dapet permen, nih misalnya pas belanja di swalayan atau supermarket aja mbak mbak kasir di Indo baik banget ngasih kembalian plus permen lagi, jadi mungkin itu alasan kenapa halloween di Indonesia gak begitu populer (Gagal paham level akut)

Halloween di Indonesia (kempalian plus permen)


Oke balik lagi ke topik, Jadi sebenernya gimana sih perayaan halloween di Jepang itu sendiri? menurut mimin-san sih gak ada bedanya dengan halloween yang biasa kita liat di film film horror cuma minus pembunuh psikopatnya aja sih, seperti yang udah mimin-san jelasin di atas tentunya perayaan halloween di Jepang bakal selalu spesial dengan berjejernya snack snack special halloween di supermarket, menu menu makanan special halloween di restoran, chain fast food terkenal mulai mendekorasi interior kedai fast food mereka dengan berbagai ornamen khas halloween, dan juga clubbing dengan konsep pesta kostum.

Pesta Kostumnya jangan ampe kaya gini juga sih.....
Terlepas dari semua itu, ada satu momen yang ngebuat perayaan halloween di Jepang itu beda dari halloween pada umumnya menurut mimin-san. Hal itu dimulai dari pengalaman pribadi mimin-san sendiri sih waktu halloween tahun kemaren saat mimin-san masih tinggal di asrama universitas tempat mimin-san kuliah disini, temen temen orang Jepang satu lantai mimin-san pada ngetok kamar dengan kostum yang serba aneh khas halloween sambil bawa bawa satu kantong gede yang mimin-san pastiin buat nampung permen palakan deh pokoknya. 

ya awalnya mimin-san cukup panik soalnya gak punya stock permen buat di bagi bagiin, mau pura pura tidur tapi gak enak, ya akhirnya mimin-san ngeberaniin diri buat buka pintu dan mau langsung minta maaf karena gak bisa ngasih permen. Tepat pas mimin-san bukain pintu kamar, mereka langsung teriak "TRICK OR TREAT!!" mimin-san langsung keringet dingin! bukan... bukan karena ketakutan dengan kostum yang mereka pakai, tetapi karena kantung permen palakan halloween mereka lebih besar dari yang mimin-san kira! dengan gugup mimin-san memberanikan diri buat minta maaf karena gak bisa ngasih apa apa, tapi hal yang diluar dugaan mimin-san terjadi tepat sebelum mulut mimin-san mangap buat ngucapin kata maaf ke mereka. 

Salah satu dari mereka merogoh kedalam kantung gede yang dibawanya untuk meraih beberapa genggam permen dari dalam kantung tersebut, setelah berhasil mengumpulkan satu genggam permen beraneka ragam masing masing dari mereka menyodorkan genggaman tangan tersebut kepada mimin-san sambil berkata "silahkan pilih permen yang kamu suka" gak disangka satu momen tersebut bisa membelokkan stereotype dikepala mimin-san tentang perayaan halloween yang selama ini mimin-san ketahui hanya dari acara acara televisi dan juga horror movie, hanya dari satu genggam permen yang disodorkan kepada mimin-san pada malam itu sanggup membuat halloween pertama mimin-san merangkap menjadi perayaan halloween terbaik yang pernah mimin-san rayakan, sasuga nippon!!


minna-san sendiri gimana persiapannya dalam merayakan halloween? udah mulai malakin permen dari rumah ke rumah? atau diem aja di rumah sambil nunggu dipalakin permen? gimanapun cara minna-san menikmati perayaan Halloween, pokoknya "TRICK OR TREAT!!" Happy Halloween dari negri sakura :)


Author:

Hamyo 


Bagikan artikel ini ke teman kalian :

2 komentar:

  1. Wah,selama di jepang saya belum pernah dikasih permen pas Halloween,jadi ngiri.hahaha
    http://novalvi.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp, masih ada halloween tahun depan minna :) atau kalo mau inisiatif mulai keliling aja bawa kantong permen keliling komplek :D

      Hapus