Diberdayakan oleh Blogger.

Report Gelar Jepang UI 20

Halo, Minna!




Tanggal 22-24 Agustus 2014 kemarin, Ikatan mahasiswa Sastra Jepang, atau Japanologi Universitas Indonesia mengadakan Gelar Jepang yang ke-20, atau GJUI20. Acara besar ini diadakan di area kampus Universitas Indonesia, tepatnya di Pusat Studi Jepang pada hari pertama dan kedua, dan di Jalan Boulevard pada hari terakhir. Pada Gelar Jepang kali ini, kerjasama diadakan bersama NHK dan J-Music Lab untuk mengundang Yun*Chi sebagai salah satu Highlight GJ tahun ini.




Pada hari pertama, GJUI20 dimulai dengan pembukaan yang diadakan didalam ruang Auditorium PSJ. Acara ini terdiri dari pertunjukan musik menggunakan berbagai alat musik Indonesia yang dimainkan oleh Mahasiswa-Mahasiswa Jepang yang kuliah di UI, lalu diikuti oleh Jakarta Koto Club, dan Sambutan oleh Ketua Pelaksana GJUI20. Lalu ruang Auditorium digunakan untuk seminar "How To Survive in Japan", dan kompetisi Karaoke.


kompetisi karaoke
kompetisi karaoke

Suasana GJ UI 20 di hari pertama tidak seramai hari kedua dan ketiga, mungkin karena hari pertama ini merupakan hari jum'at dan masih banyak pelajar atau mahasiswa yang masih sibuk dengan kampus atau sekolahnya.
suasana Hari pertama GJ UI 20
Di Luar auditorium, banyak juga acara menarik yang berlangsung. Workshop Komik, Obakeyashiki (Rumah Hantu), Foto Yukata, dan Berbagai Lomba seperti Pertandingan Vanguard, Kanji, dan Makan Okonomiyaki dan Takoyaki.

Beberapa gundam yang di ikut sertakan
Beberapa Gundam yang di ikut sertakan
Juga ada display pameran Lomba Diorama Gundam. Booth Booth makanan ala Jepang dan merchandise-merchandise banyak di luar auditorium.

Stan NHK di hari pertama, bisa foto bareng DOMO
Di booth NHK, kita bisa foto bareng DOMO versi asli ataupun versi virtual, versi virtual ini sangat keren karena kita tidak memerlukan DOMO yang asli untuk foto bareng, cukup bermodalkan dengan Tablet yang di sediakan panitia.

Hari kedua juga masih diadakan di area Pusat Study Jepang Universitas Indonesia. Hari kedua ini lebih ramai daripada hari pertama, apalagi di siang hari, untuk masuk ke salah satu booth pun mimin memerlukan usaha ekstra dan harus cepat biar bisa berada di tempat paling depan.

Highlight pertama pada hari ini adalah Fashion Show, yang lalu diikuti dengan Cover Dance Competition yang diikuti oleh Zarashi dan berbagai Cover Dancer lainnya.

Suasana penonton fashion show
Model Fashion Show
salah satu pojok PSJ UI, hari kedua
Peserta Fashion show yang jadi juara 2 di dalam lomba
Pada hari ini acara di luar adalah Workshop Udon dan Gundam, juga ada Lomba Mewarnai dan kelanjutan dari Kompetisi Vanguard dari hari pertama. Lomba yang diadakan pada hari ini adalah lomba makan ramen, dan juga diadakan Demo Aikido dan Kendo di halaman utama PSJ. 

Suasana saat masuk ke lapangan GJ UI 20 hari ke tiga
Hari ketiga adalah puncak dari GJUI20. Diadakan di Jalan Boulevard, acara-acara pada hari ketiga ini terdiri dari acara acara yang diadakan di panggung, seperti Band-Band, dan Cover dance oleh Zarashi.

Suasana hari ketiga adalah suasana yang paling ramai yang mencapai 14 ribu penonton menurut panitia, meskipun siang hari nya sangat terik sekali di lapangan ini, tapi para pengunjung GJ UI masih penasaran dan ingin melihat acara-acara yang ada.  

Zarashi, group yang meng cover dance nya arashi
Suasana di lapangan hari ke tiga di pagi hari

 Hari ketiga ini para maid dari Maid Garden juga tampil di panggung. di kelilingi banyak penonton laki-laki.
Maid dari Maid Garden yang berada di atas panggung
Acara acara di luar panggung utama diantara lain adalah Cosplay Contest, Omikoshi, dan Omochitsuki. Di stand-stand sepanjang jalan menuju panggung juga ada banyak berbagai macam dagangan dan hal-hal menarik, seperti Stand Maid Garden dan Stand foto bareng DOMO oleh NHK.

Artist-artist yang tampil di panggung GJUI20 pada hari ke3 diantara lain adalah AkaIro, Sarah Anjani, dan Tokyolite.

Sarah anjani
Yun*chi
GJ diakhiri dengan on-stage performance oleh Yun*Chi yang menyanyikan 4 lagu, diantaranya Your Song, yang merupakan Ending Theme Anime Log Horizon, dan Waon with IroKokoro Project yang merupakan lagu dari Program NHK World. Lagu ini memiliki bagian yang dinyanyikan dengan bahasa Indonesia, dimana pada bagian itu bahasanya berbeda beda pada tiap negara.

Dan penutupan akhirnya adalah Bon Odori yang dilakukan bersama panitia, dan pertunjukan kembang api yang cukup spektakuler.
Author:
PJ, Kevin, & Mahdi 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

0 komentar