Diberdayakan oleh Blogger.

Kyareben, Kreativitas seni bekal makanan bento ala jepang


Minna san, maaf ya kalau kemarin okonomikatsu sedang tidak update postingan, Mulai hari ini, okonomikatsu bakal usaha ekstra biar postingannya bisa update tiap hari. kali ini okonomikatsu mau membahas tentang Kyareben.

Apa itu Kyareben?

Kyareben adalah seni dalam membentuk makanan menyerupai orang, karakter animasi, atau hal-hal lain yang memiliki seni sehingga terlihat lebih menarik untuk di makan. Wah, jepang ini memang negara penuh kreativitas, bahkan dalam makanan pun semuanya bisa menjadi seni, tidak seperti remaja-remaja kita, ada makanan dikit langsung di foto dan di upload ke instagram, padahal itu makanan biasa yang sering di temukan di restoran-restoran dan tidak ada keunikannya sama sekali. 

Tapi kalau bicara tentang Kyareben, jelas beda. Setiap hasil seni dari kyareben memiliki keunikan masing-masing karena di bentuk dengan tokoh animasi atau karakter yang berbeda-beda.

Berikut adalah contoh-contoh dari Kyareben :


Bermodalkan nasi, sayuran dan lauk pauknya, ternyata bisa di ubah menjadi kucing yang lucu, 
kalau makanannya kayak gini apa kalian tega mau makan begitu saja?


Finding Bento, eh, Nemo maksud saya.


Awas ada angry bird, awas, dan peringatan buat kalian semua, babi itu haram bagi sebagian umat beragama, tapi kalau babi yang ini kayaknya nggak apa-apa kalau di makan.


Dua karakter ini ada di film ghibli, buat yang pernah nonton pasti tau dong ini siapa?





Kyareben ini bukan cuma dalam bentuk karakter yang bergerak, benda mati juga ada yang membuatnya lho, seperti contoh ini




Kalau yang ini mungkin bento yang dibuat khusus buat gamer.

Penjelasan tambahan tentang Kyareben
Kyareben sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari "kyarakuta bento (character bento)", terkadang ibu-ibu rumah tangga di jepang sering meluangkan waktunya untuk merancang kotak makan siang keluarganya seperti gambar-gambar yang ada di atas. Awalnya, kyaraben ini sebenarnya cuma di tujukan agar anak-anak tertarik untuk memakan bekalnya. Tapi sekarang sudah banyak perlombaan kyareben di jepang bahkan sampai tingkat nasional.

Sekian dulu buat hari ini, mungkin akan di bahas lebih mendalam lagi soal kyareben ini di postingan selanjutnya.

Author:
Mahdi 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

1 komentar:

  1. keren sekali ya , sekarang kyareben sudah dilombakan di jepang .

    BalasHapus