Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Untuk Berburu Beasiswa ke Jepang

Konichiwa minna-san, ada yang pengen sekolah ke Jepang? Jepang memang salah satu tujuan favorit bagi banyak pelajar pelajar asing untuk meneruskan pendidikan mereka. Faktor mutu pendidikan yang baik tentu menjadi alasan kuat untuk menimba ilmu di negri sakura, kendala yang terkadang membuat minna-san berpikir dua kali adalah biaya yang bisa dibilang tergolong tinggi. Tapi apakah minna-san rela menyerah dan membuang impian minna-san begitu saja hanya karena faktor “M” ini? jika jawaban minna-san “tidak” silahkan teruskan untuk membaca postingan ini sampai selesai. :)

Anggaplah sekarang minna-san sudah memiliki niat kuat dan berani melawan keterbatasan minna-san akan faktor “M” ini. Jika ada kemauan pasti ada jalan, “Beasiswa” Jalan ini tersedia bagi minna-san yang memiliki kemauan dan niat yang kuat untuk menimba ilmu di negri sakura, kalo ada kesempatan untuk bisa belajar di Jepang tanpa harus pusing mikirin biaya, itu patut minna-san coba. Hal yang perlu minna-san ketahui adalah mulai mengenal peluang peluang apa saja yang tersedia dan cocok untuk minna-san.

Beasiswa ke Jepang itu ada banyak banget lho minna-san, untuk itu minna-san gak perlu lagi mikirin yang namanya kesempatan soalnya kesempatan itu memang sudah bertebaran dan hal yang minna-san perlukan hanya memilih kesempatan dengan peluang yang cocok untuk minna-san. Pertama tama minna-san harus mengenal apa saja jalur beasiswa serta jenis jenis beasiswa ke Jepang yang tersedia saat ini. Menurut JASSO Jenis beasiswa dibagi menjadi dua berdasarkan pengajuan permohonannya yaitu beasiswa before enrollment yang minna-san dapatkan sebelum keberangkatan dan beasiswa after enrollment yang disediakan pada saat di Jepang setelah minna-san menempuh rentang waktu pendidikan tertentu pada institusi pendidikan tersebut. Berikut tabel dari ke dua jenis beasiswa ini,

1. Beasiswa before enrollment


2. Beasiswa after enrollment

Selain itu beasiswa dibagi pula berdasarkan jenis penerimanya yaitu:

-Beasiswa untuk mahasiswa jenjang Universitas kebanyakan berada pada jenjang undergraduate atau setara S-1 jika di Indonesia, akan tetapi juga ada beberapa yang menawarkan pada jenjang yang lebih tinggi khususnya untuk program Master.  

-Beasiswa Research Student, diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian atau riset tertentu dan biasanya disertakan surat rekomendasi dari Universitas asal yang akan disampaikan kepada universitas tujuan yang berada di Jepang.

Program beasiswa ke Jepang memang sangat banyak jenis dan jalurnya, untuk itu langkah selanjutnya yang harus minna-san lakukan adalah “tetap update” dengan info info beasiswa Jepang terkini agar bisa menemukan kesempatan yang cocok untuk minna-san.  Minna-san butuh media yang menjadi sumber informasi utama minna-san. Kalo kita search di google dengan keyword “Beasiswa Jepang” bakal ada jutaan situs yang bisa minna-san pilih sebagai sumber informasi terkini, tentunya tidak semua dari situs itu bisa menjadi sumber informasi yang tepat. Agar mempermudah minna-san, beberapa situs ini bisa menjadi referensi informasi terkini untuk beasiswa ke Jepang.

1. JASSO Official website

Lembaga Independen yang  berada dibawah naungan MEXT (Kementrian Pendidikan, Budaya, Olahraga, dan Teknologi) Jepang ini sudah sangat terkenal dalam bidang penanganan support pendidikan bagi pelajar pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya di Jepang. Update tentang Informasi beasiswa Jepang terkini selalu tersedia di website ini, tidak hanya itu saja minna-san pun bisa mengetahui banyak informasi informasi penting lainnya mengenai studi di Jepang seperti menyusun study plan, Informasi berbagai macam program student exchange, hingga pendaftaran EJU (tes kemampuan akademik dan bahasa untuk calon mahasiswa Internasional pada tingkat S-1)

Untuk lebih mempermudah minna-san dalam mengakses ketersediaan informasi, beruntungnya JASSO juga menyediakan website berbahasa Indonesia yang merupakan official website dari Kantor cabang JASSO yang berada di Indonesia, jika minna-san punya waktu lebih tidak ada salahnya untuk bertanya dan berkonsultasi langsung ke kantor cabang yang berada di Jakarta, berikut alamat lengkapnya:
JASSO Japan Educational Information Center, Jakarta
Lantai 2, Summitmas Tower 1, Jl. Jenderal Sudirman KAV 61-62, Jakarta
Tel: 021-252-1912

2. Official Website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

Salah banget nih minna-san kalo punya niat pengen ke Jepang tapi gak pernah sekalipun mampir ke website resmi Kedubes Jepang di Indonesia ini. Siapa bilang kalo website kedubes Jepang cuma sebatas tempat buat apply visa bagi yang pengen jalan jalan ke Jepang, minna-san salah gaul nih kalo sempet mikir sesempit itu. Buat para pemburu beasiswa ke Jepang justru web ini jadi salah satu sumber informasi utama, soalnya ada banyak banget info info penting dan menarik bagi minna-san yang berminat untuk meneruskan pendidikan ke Jepang.

Contohnya aja nih beasiswa “Monbukagakusho” yang paling terkenal alias paling mainstream dari semua jalur beasiswa ke Jepang, mulai dari tanggal tes nya, pengumuman hasil akhir seleksi, dan juga contoh soal tes Monbukagakusho dari tahun tahun sebelumnya tersedia untuk minna-san download di sini sebagai referensi persiapan belajar.

Tidak hanya sebatas Monbukagakusho saja nih minna-san, Info info seputar beasiswa lainnya yang ditawarkan dari perusahaan Jepang maupun institusi terkait bakal terus di update di web ini, belum lagi ada banyak program short term course yang menarik seperti program JENESY J-POP culture yang memberi kesempatan bagi para mahasiswa Indonesia pencinta POP-Culture Jepang untuk belajar dan merasakan langsung kebudayaan POP-Culture di Jepang!!  seleksi program ini baru saja selesai diselenggarakan dan akan diumumkan hasilnya pada akhir agustus 2013,  hayo.... apa minna-san melewatkan info berharga ini? makanya sering sering main ke website Kedubes Jepang ini ya minna-san, pokoknya rugi deh kalo gak masukin website ini ke dalam list bookmark minna-san.


3. Global 30

Merupakan website dari sebuah project spesial dari pemerintah Jepang, kenapa spesial? Bayangkan deh kalo minna-san bisa meneruskan pendidikan pada jenjang perkuliahan di salah satu universitas ternama di Jepang tanpa harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk bisa berbahasa Jepang. Yaap!! itulah program “Global 30”, melalui program ini minna-san bisa mendaftar ke salah satu universitas yang tergabung dalam project “Global 30” dengan memilih jurusan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kegiatan belajar mengajar sehari hari.

Program “Global 30” juga mengadakan berbagai seminar sebagai sarana memberikan informasi lebih lanjut di berbagai negara termasuk juga Indonesia, pada awal tahun 2013 Educational Seminar ini diadakan di Jakarta dan Bandung. Minna-san juga bisa mendownload berbagai brosur informasi dalam format PDF. Di website ini, minna-san juga dapat melihat satu persatu profil universitas yang tergabung dalam program ini, serta beasiswa beasiswa yang tersedia langsung dari universitas tersebut dan juga berbagai pilihan jurusan dari masing masing universitas.

13 Universitas ternama yang tergabung di program ini menyediakan berbagai macam jurusan khusus untuk mahasiswa Internasional yang dimana bahasa pengantar belajar mengajarnya menggunakan bahasa Inggris. Kemudahan lainnya adalah tes seleksi untuk program ini tidak mengharuskan minna-san untuk datang langsung ke Jepang dan mengikuti tes pada universitas tujuan minna-san, cukup dengan menggunakan media seperti skype untuk melakukan wawancara serta beberapa tes yang telah dirancang oleh masing masing Universitas. Jadi jika nantinya minna-san berhasil lulus dan diterima, minna-san akan belajar bersama mahasiswa internasional yang datang dari berbagai negara, merasakan belajar di Jepang dalam komunitas Internasional merupakan pengalaman yang tidak mudah untuk ditemukan dibanyak universitas lho minna-san.   


4. Pondok Beasiswa PPIJ

Website yang digalang oleh PPIJ (Persatuan Pelajar Indonesia Jepang) ini juga memiliki info info yang lengkap tentang berbagai macam beasiswa Jepang. Tampilan website yang simpel dan 3 menu utama pada headernya membuat minna-san dapat leluasa mengakses berbagai macam konten info info beasiswa yang tersedia di website ini.

Hal yang menarik adalah website ini menyajikan kumpulan berbagai kisah inspiratif dari mahasiswa Indonesia yang menjadi penerima beasiswa di Jepang, kisah kisah perjuangan dalam tes beasiswa, pahit manis nya menjadi mahasiswa di Jepang, hingga tips tips untuk meraih kesuksesan sebagai penerima beasiswa yang akan mengajak minna-san mengenal lebih dalam arti pentingnya beasiswa dan memotivasi minna-san untuk lebih percaya diri dalam berjuang mencari beasiswa.


Program Beasiswa Favorit

Pada umumnya beasiswa ke Jepang biasanya bertujuan untuk meringankan atau menekan jumlah tuition fee yang tinggi, biasanya berupa pemotongan biaya kuliah dari universitas atau institusi pendidikan terkait bagi calon pelajarnya sehingga membuat beberapa seleksi beasiswa yang menunjang dana bagi si pelajar secara full menjadi sangat difavoritkan.

1. Beasiswa Monbukagakusho

Program beasiswa dari kementrian pendidikan Jepang ini adalah salah satu yang menjadi dambaan bagi setiap pemburu beasiswa ke Jepang. Beasiswa yang disediakan memiliki banyak pilihan jurusan dan jenjang pendidikan yang beragam, seperti program research student (S-2 dan S-3), program Undergraduate (S-1), College of Technology (D-3) dikhususkan untuk lulusan SMA jurusan IPA, Professional Training College (D-2), teacher training, dan japanese studies (rekomendasi dari Universitas untuk mahasiswa jurusan sastra Jepang).  

Semua biaya pendidikan di Jepang akan digratiskan secara total oleh kementrian pendidikan Jepang, termasuk juga biaya keberangkatan berupa tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Jakarta-Jepang. Tidak hanya itu lho minna-san, setiap penerima beasiswa ini akan mendapatkan uang saku sejumlah ¥117.000 (besaran dana pada tahun akademik 2012/2013) per bulan sebagai penunjang biaya hidup dan keperluan selama berada di Jepang, besaran ini akan berubah setiap tahunnya sesuai dengan kebijakan pemerintah Jepang.

2. Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa untuk jenjang S-1 ini diselenggarakan oleh salah satu perusahaan Sogo Shosa Mitsui and Co. atas kerjasamanya dengan perhimpunan alumni Indonesia dari Jepang (PERSADA). Pada tahun 2012 sebanyak 432 peserta mendaftar untuk memperebutkan beasiswa ini dan hanya dua orang yang berhasil sampai tahap terakhir dan diberangkatkan ke Jepang. Hampir sama dengan beasiswa Monbukagakusho, beasiswa ini mencover keseluruhan biaya penerimanya mulai dari biaya pendidikan, asuransi, tiket pesawat pulang pergi, dan besaran uang saku perbulan sebanyak ¥145.000

Penerima beasiswa akan menempuh pendidikan total selama 5,5 tahun di Jepang dan tidak di perkenankan untuk pulang ke Indonesia sebelum masa pendidikan tersebut selesai. Pada awal tahun pertama di Jepang tepatnya selama 1,5 tahun penerima beasiswa akan menempuh pendidikan bahasa Jepang secara intesif, barulah pada tahun berikutnya dipindahkan ke asrama universitas dan menetap disana selama 4 tahun masa pendidikan.  

3. Inpex Scholarship   

Jika Mitsui Bussan diberikan khusus untuk calon mahasiswa S-1 maka beasiswa yang satu ini khusus untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 di Jepang. Beasiswa ini hanya untuk mereka yang telah belajar dibidang Natural Science serta memiliki prestasi yang bagus selama mengikuti pendidikan pada jenjang S-1.

Beasiswa dari Inpex ini tidak mengharuskan calon penerimanya memiliki keahlian bahasa Jepang saat mendaftar dan juga tidak ada tes keahlian bahasa Jepang pada saat seleksi. Tes pun berupa pengiriman berkas berkas kepada Inpex Foundation yang berada di Tokyo, selanjutnya akan diteruskan oleh pihak Inpex kepada universitas tujuan dan seleksi akhir akan ditentukan oleh berkas yang terpilih.
Tidak ada biaya yang perlu ditanggung oleh penerima beasiswa, mulai dari keberangkatan, biaya hidup perbulan dengan tunjangan ¥160.000, dan tunjangan kedatangan sebesar ¥60.000 akan diberikan kepada penerima beasiswa saat sesampainya di Jepang.

Ada banyak jalan dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang, yang terpenting adalah jangan pernah lelah berburu beasiswa apa lagi minder duluan dengan berpikiran kalo beasiswa itu cuma untuk mereka yang pinter, itu salah besar minna-san!! Mereka yang bisa memaksimalkan kesempatan lah yang bisa mendapatkannya. Ini ada sebuah kutipan nyata lho minna-san dari seorang teman semasa SMA yang menjadi penerima beasiswa pernah berkata “Kalo emang beasiswa cuma untuk orang pinter, masa iya orang pinter gak lulus di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri)??” jadi…. Apa minna-san mulai tertarik berburu beasiswa ke Jepang? Ganbatte minna-san!! :)      

Site Reference:
          
Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

8 komentar:

  1. tertarik sama yang global 30, cara submitt aplicationnya gimana ya? pingin coba mana tahu dapet. arigato ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara submit applicationnya berbeda beda tergantung kebijakan univnya masing masing minna, jadi silakan langsung cek aja ke official websitenya semua infonya sudah tersedia lebih lengkap kok. Douzoo ^.^ http://www.uni.international.mext.go.jp/global30/

      Hapus
    2. kak namaku agni, postingan kaka bagus banget
      o ya kak kalau aku boleh minta tolong, kaka puunya poster, prospektus, sama formnya mitsui nggak kak? Pengen baca nih tapi yg di sadanet uda nggak bisa dibuka. Kalo ada boleh minta tolong uploadin dong kak atau kirim ke emailku agniyasalya96@gmail.com. Makasih banget kak :)
      maaf sebelumnya

      Hapus
  2. min beasiswa mitsui bussan unutk keberangkatan 2015 informasinya gak ada -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. masi lama klo ane klo bisa si SMA 1 boleh coba sekolah di jepang :v

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih :) senang berbagi info, semangat berburu beasiswa!! :D

      Hapus