Diberdayakan oleh Blogger.

Discover Japan!! Melalui Film Dokumenter


Seberapa jauh minna-san mengenal Jepang? setiap dari minna-san tentunya memiliki ketertarikan masing masing secara khusus entah itu dalam bentuk Kebudayaan tradisional atau kebudayaan modern pop culture seperti anime, manga, atau j-Music akan tetapi tidak ada salahnya mengenal lebih dalam tentang negri matahari terbit ini dan memperluas pandangan minna-san tentang Jepang.

Untuk mempermudah hal tersebut film dan video dokumenter tentu menjadi salah satu pilihan yang praktis terutama untuk minna-san yang tidak terlalu suka membaca buku tapi sekalipun minna-san lebih suka menghabiskan waktu dengan buku buku biografi dan sejarah tentang Jepang, tidak ada salahnya sejenak berpindah ke bentuk visual seperti video dan film dokumenter sehingga minna-san bisa mendapatkan pemahaman dan pengalaman yang berbeda.

Menonton video dan film yang memiliki genre dokumenter terkadang bisa sangat membosankan bagi sebagian orang, well…. tidak semua dari minna-san betah menonton dan mendengarkan ocehan suara dari seorang narator yang menjadi backsound selama dokumenter berlangsung. Akan tetapi beberapa dokumenter tentang Jepang berikut ini patut minna-san tonton, douzoo….

1.  A Life in Japan  


Jika minna-san bermimpi kelak ingin mengunjungi Jepang atau mungkin ingin menetap disana, film dokumenter yang satu ini patut minna-san tonton. Sebuah karya dari seorang sutradara film dokumenter asal Finlandia ini akan mengajak minna-san melihat kehidupan di Jepang dari pandangan para pendatang asing. Ada 20 pendatang asing pada film documenter ini yang akan mengajak minna-san mengintip keseharian mereka sebagai warga negara asing di Jepang.


Memiliki latar belakang yang berbeda beda dan juga alasan yang berbeda mengapa mereka datang ke Jepang mulai dari sudut pandang seorang mahasiswa asing dari china, photographer dari Kanada yang tidak ingin pulang kembali ke negaranya, hingga seorang dosen literature di Universitas Kyoto, mereka semua akan menyajikan 20 cerita yang berbeda tentang hidup di Jepang dari sudut pandang seorang pendatang.

2. Marked Death of Yakuza



Sebuah video dokumenter yang membahas lebih dalam tentang Yakuza langsung dari seorang narasumber yang merupakan mantan boss Yakuza Horizen akan membawa minna-san kepada fakta fakta mengejutkan dibalik kehidupan dan sejarah Yakuza di Jepang mulai dari bagaimana asal usul kelompok ini beridiri dan makna dibalik simbol simbol pada tato yang menghiasi badan mereka para anggota Yakuza.

3. Japan: A Story of Love and Hate



Dokumenter berdurasi 1 jam ini mengajak minna-san untuk melihat keseharian dari seorang Naoki. Pada masa mudanya dia memiliki kehidupan yang terbilang jauh di atas layak sebagai seorang karyawan kantoran, memiliki mobil, dan sebuah rumah mewah. Akan tetapi petaka terjadi ketika Jepang mengalami masa tersulit “economic bubble” dalam perekonomian mereka yang menyebabkan kemiskinan meningkat drastis pada saat itu, dampak tersebut pun berpengaruh besar pada kehidupan Naoki.

Naoki sempat kehilangan segalanya harta bahkan dia sempat bercerai beberapa kali dan hampir berakhir sebagai seorang tuna wisma di Jalanan. Dalam dokumenter karya Sean Mc.Allister dari BBC ini menggambarkan secara langsung kisah perjuangan seorang Naoki pada kesehariannya untuk membangun kembali hidupnya, mulai dari bekerja part time sebagai pengantar surat. Seperti judulnya Love and Hate minna-san akan mendapatkan sebuah pengalaman inspirational dari pahit manisnya kisah hidup Naoki yang berjuang kembali untuk mencapai kehidupan seperti pada masa lalunya.   

4. Jiro Dreams of Sushi


Film Dokumenter karya David Gelb ini dirilis pada tahun 2011 yang menceritakan sebuah kisah tentang Jiro Ono, salah seorang Master Sushi terbaik di Jepang bahkan sebagian berpendapat bahwa beliau terbaik di dunia yang menjadi pemilik sebuah kedai Sushi Sukiyabashi Jiro dan mendapat penghargaan “Three stars rating” dari Michelin, apa arti penghargaan itu? jika sebuah restoran mendapat penghargaan "Three stars rating" dapat dikatakan tidak berlebihan mengunjungi sebuah negara hanya untuk mencicipi hidangan di restoran tersebut. Bersama dengan beberapa pegawai dan anak tertuanya bernama Yoshizaku, Jiro Ono menghidangkan sushi terbaik di atas piring setiap pelanggannya.



Pada film documenter berdurasi sekitar 80 menit ini minna-san akan mendapatkan banyak pelajaran berharga dari sosok Jiro Ono mulai dari ideologi, prinsip prinsip hidup yang ia pegang teguh, kecintaan serta passion nya pada setiap irisan sushi yang ia hidangkan. Pandangan minna-san tentang sushi akan menjadi berbeda dan lebih luas setelah menonton film dokumenter ini.


Bagaimana minna-san, sudah menyiapkan cemilan untuk menemani selama menonton film fim documenter ini? Selamat menonton, douzoo……

Site Reference:
Imdb

Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

2 komentar:

  1. Halo! Gak sengaja nemu blog ini waktu bacain komen-komen di salah satu post di Tofugu ^^ Banyak artikel-artikel menarik, keep it up minna! (`^`)9

    Jiro Dreams of Sushi adalah salah satu film dokumenter yang paling berkesan buatku. Ternyata lemper jejadian ini mengandung banyak filosofi hehehe... ngiler banget nontonnya. Pernah nonton White Light, Black Rain? Dokumenter tentang Hiroshima-Nagasaki ini juga bagus loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. woaaaaa!!! Tofugu Reader juga ya rupanya :D makasih uda mampir jauh jauh dari Tofugu minna-san T^T White Light, Black rain belum pernah nonton *masukin daftar tontonan* makasih info tambahannya :)

      Makasih juga uda komen ya minna, support yg sangat berarti buat kita. Mampir lagi ya baca baca artikelnya :D

      Hapus