Diberdayakan oleh Blogger.

Chindogu, Konsep Inovasi Aneh di Jepang


Inovasi sudah menjadi bagian  dari kultur  di Jepang, salah satunya adalah inovasi pada bidang teknologi. Unik, menarik, berguna, efektif, dan terkadang absurd!! Mungkin beberapa kata itu dapat mendeskripsikan bagaimana cara mereka berinovasi. Mulai dari Tong sampah dengan remot control hingga Kotak susu berbentuk hewan yang berbicara di dalam kulkas, tentunya banyak inovasi dari Jepang yang terkadang sanggup membuat kening minna-san berkerut sambil berkata dalam hati “Oh Jepang…. Apa lagi ini!!??”

Akan tetapi tahukah minna-san jika inovasi inovasi aneh tersebut merupakan konsep dari Chindogu. Iya, itulah konsep inovasi yang  terkadang membuat minna-san berkata “Apa pula ini Jepang!!??” Jika minna-san ingin menyalahkan atau berterimakasih atas inovasi aneh yang terus berkembang di Jepang bahkan hingga saat ini, maka Kenji Kawakami adalah orangnya.


Seorang inovator yang mengembangkan konsep Chindogu di Jepang pada sekitar tahun 1980-an, sebenarnya inovasi Chindogu lebih menekankan ke sisi kreativitas dan keunikan/keanehan (terkadang dua hal ini tidak bisa dipisahkan) dibandingkan manfaat nya jika diterapkan secara nyata. Ada 10 peraturan dalam menciptakan inovasi “Chindogu”, jika sebuah inovasi memenuhi ke sepuluh hal ini maka resmilah benda tersebut merupakan sebuah inovasi “Chindogu”.

1. Chindogu tidak dapat digunakan secara nyata
Inti dari Chindogu adalah menciptakan sebuah benda atau inovasi yang menekankan sisi praktikal atau hampir tidak berguna  atau tidak dapat diterapkan di kehidupan nyata. Jika minna-san memiliki cukup ide gila untuk menciptakan sebuah benda yang unik akan tetapi benda tersebut bermanfaat dan dapat diterapkan secara nyata untuk kemudahan pada kehidupan sehari hari, maka minna-san telah gagal menciptakan sebuah Chindogu.

2. Chindogu harus ada
Minna-san tidak diperbolehkan untuk menggunakan hasil inovasi Chindogu,  tapi inovasi tersebut harus tetap dibuat. Bermanfaat atau tidak itu urusan belakangan, yang penting inovasi Chindogu harus tercipta terlebih dahulu.

3. Semangat "Kebebasan" harus selalu melekat pada setiap Chindogu  
Chindogu adalah sebuah benda yang diciptakan oleh seseorang sebagai penggambaran dari kebebasan untuk berinovasi lebih dari pada berpikir tentang “kegunaannya” serta sekedar teori belaka. Chindogu menggambarkan tindakan lebih penting dari pada sekedar teori dalam berinovasi, sebuah konsep yang belum diwujudkan secara nyata tidak lebih baik dari benda yang telah berhasil dibuat meskipun belum jelas apa manfaatnya, itulah Chindogu.

4. Chindogu berbentuk hal hal yang dipakai dalam kehidupan sehari hari


Semua inovasi yang diciptakan dari konsep Chindogu merupakan hal hal yang akrab kita lihat dalam kehidupan sehari hari, hanya saja ditambah sedikit perubahan terutama pada fungsinya. Seperti sebuah payung untuk menampung air yang disambungkan oleh pipa kedalam sebuah gallon, bermanfaat atau tidak? Kembali ke peraturan nomor 2.

5. Chindogu tidak untuk diperjual belikan
Sudah jelas disini, bahwa Chindogu adalah sebuah ekspresi kebebasan untuk berinovasi bukan mendapat uang dari hal tersebut. Lagipula jika dijual pun, siapa yang cukup gila untuk mengeluarkan sejumlah uang pada benda yang bahkan belum tentu berguna? -__-“

6. Humor bukanlah alasan utama dalam inovasi Chindogu


Mungkin minna-san akan berpikir, “Apa ini hanya untuk bahan lucu lucuan!!??” jawabannya adalah tidak!  terlepas dari keanehannya, Chindogu tetaplah sebuah inovasi yang membutuhkan kerja keras dan memiliki tujuan sebagai aktivitas yang menuntut pemikiran dalam pemecahan masalah. Untuk sisi humor yang dihasilkan adalah “bonus” dari kreativitas si pencipta inovasi tersebut.

7. Chindogu bukanlah propaganda
“Tidak ada dusta diantara kita” mungkin inilah yang akan dikatakan sebuah Chindogu jika mereka dapat berbicara, Chindogu bukan untuk mencelakakan atau dipergunakan sebagai senajata. Meskipun mereka tidak berguna, mereka berhak ada.

8. Chindogu tidak boleh berbentuk hal yang tabu
Asing/ tabu bukanlah hal yang diperbolehkan untuk diterapkan pada sebuah Chindogu, kembali ke peraturan nomor 4. International Chindogu Society telah menetapkan standar dari sebuah inovasi Chindogu. Sindiran seksual, humor bersifat vulgar, lelucon semacam sindiran atau rasisme tidak diperbolehkan ada dalam konsep inovasi Chindogu.

9. Chindogu tidak dapat dipatenkan
Apa yang kalian harapkan? Ingin menjadi sekaya Billgates? Lupakanlah, Chindogu adalah sebuah ekspresi kebebasan dalam berinovasi pada hal yang ditawarkan kepada orang banyak secara luas tanpa memikirkan aspek komersial ataupun hak paten.

10. Chindogu untuk semua
Agama, ras, suku bangsa baik tua maupun muda semua berhak atas Chindogu.

Dari kesepuluh peraturan tersebut harus minna-san terapkan jika suatu hari terlintas sebuah ide gila di dalam kepala minna-san untuk membuat sebuah inovasi. Saat ini ada sangat banyak inovasi Chindogu yang telah berhasil diciptakan, berikut ini merupakan 10 contoh inovasi Chindogu yang telah berhasil diciptakan dari masa ke masa.

1. The butter stick


2. The 360-Degree Camera on a budget


3. The Eye drop funnel glasses
















4. The tie with Pockets























5. The noodle eaters


















6. The floor moopers


















7. The 10 in 1 gardening tool













8. The Umbrella Tie






















9. The Subway sleeper



























10. The Chopstraw 
















Selalu ada tempat untuk berinovasi, bagaimana minna-san? sudah punya ide gila yang cukup untuk membuat inovasi Chindogu? ayo share ide gila minna-san di kolom komentar ya, douzoo... :)

Site Reference:


Written by:
Hamyo 

Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

0 komentar