Area Pertambangan di Jepang yang Terbengkalai - Okonomikatsu

Post Top Ad

Jumat, 31 Mei 2013

Area Pertambangan di Jepang yang Terbengkalai



Suatu tempat atau lokasi yang sudah dalam waktu sangat lama tidak ditinggali oleh seorangpun akan menjadi lokasi yang paling dihindari untuk dikunjungi maupun hanya sekedar lewat. Misalkan saja rumah tua yang tidak dihuni selama bertahun tahun tentu memiliki suasana yang berbeda saat minna-san melintas di depannya, belum lagi banyak rumor yang menyebar di masyarakat sekitar. Hantu!! Itulah hal yang biasanya paling sering dikaitkan dengan tempat tempat yang telah terbengkalai dalam kurun waktu yang cukup lama.

Di Jepang sendiri, banyak tempat terbengkalai bahkan sampai berpuluh puluh tahun lamanya sebut saja salah satunya yang palign terkenal adalah pulau hantu Gunkanjima, akan tetapi apakah hanya itu? Tidak, Jepang adalah salah satu negara dengan banyak mitos, legenda, dan tempat paling menyeramkan yang terbengkalai di berbagai penjuru negri matahari terbit ini. Mungkin minna-san akan berpikir dua kali untuk mengunjungi tempat tempat berikut ini jika tiba di Jepang, atau mungkin minna-san ingin merasakan wisata traveling yang memiliki suasana berbalut misteri seperti di Gunkanjima, tentu saja beberapa tempat ini patut dicantumkan di dalam visit list minna-san. Douzoo….

1.  Tambang Osarizawa

Merupakan tambang emas yang sekarang dibawah naungan perusahaan Mitsubishi dan telah ditutup sejak tahun 1978. Pada masa jayanya lokasi ini merupakan areal tambang yang kaya akan emas dan perunggu, bahkan aktivitas pertambangan di area Osarizawa ini sudah dimulai jauh sejak zaman dahulu sekitar 1300 tahun yang lalu. Sebuah legenda mengatakan dahulu kala di sekitar area tambang ini hidup makhluk siluman yang mengerikan berkepala singa, memiliki sepasang sayap dari burung phoenix, berkaki sapi, dan memiliki buntut ular. Makhluk ini selalu mengganggu kedamaian penduduk desa sekitar terutama anak anak.

Pada malam hari auman dari makhluk tersebut sangat memecah keheningan malam dan sangat membuat takut anak anak desa. Tidak ingin terror ini berlanjut, seorang pria muda dari desa tersebut menantang makhluk itu untuk bertarung. Sang makhluk aneh tersebut tahluk oleh si pria dan dengan senjata yang ia bawa saat bertarung sang pria menyayat perut sang makhluk tersebut dan betapa terkejutnya dari dalam perut makhluk tersebut keluar limpahan emas yang tersu menerus memenuhi area sarang tempat tinggalnya. Dari sinilah para penduduk desa mulai melakukan pencarian terhadap emas tersebut sehingga tanpa sadar telah menciptakan sebuah area tambang.

2. Selimut kabut putih di apartemen tambang Matsuo

Entah kenapa kabut putih yang menyelimuti suatu area atau lokasi tertentu sangat menambahkan suasana seram yang ada di area tersebut, apalagi untuk area yang sudah lama terbengkalai dengan bangunan bangunan tua yang menjulang tinggi dan mulai rapuh termakan oleh usia. Tambang matsuo yang berada di utara Jepang ini pertama kali dibuka pada tahun 1914 dan ditutup pada tahun 1969.

Pada masa aktifnya areal ini merupakan sumber tambang sulfur terbesar yang ada di bagian timur dunia, sekitar 4000 orang dipekerjakan di pertambangan ini dan ada sekitar 15000 orang yang tinggal di sekitar area pertambangan ini.  Beberapa gedung apartemen dibangun pada tahun 1951 disekitar area perbukitan yang menghadap areal tambang Matsuo, sekarang bangunan apartemen 11 lantai tersebut masih berusaha untuk tetap berdiri dengan banyaknya bagian yang sudah mulai usang dan retakan di sana sini, kabut yang menyelimuti sebagian besar sisi apartemen membuat tempat ini semakin mencekam.

3. Aula mesin pertambangan Taro

Merupakan ruangan yang menjadi tempat kumpulan perlengkapan dan mesin tambang untuk menggali sulfida mentah dari pusat bumi di daerah Jepang timur, akan tetapi sekarang telah dialih fungsikan untuk laboratorium sinar kosmik oleh sebuah universitas lokal terdekat. Mesin mesin ini dijadikan modul untuk menangkap electron dari luar angkasa dengan menggunakan beberapa kabel besar.

4. Sekolah terbengkalai Nichitsu


Nichitsu merupakan sebuah kota pertambangan yang juga telah di nonaktifkan sebagai area tempat tinggal. Sehingga semua aktivitas manusia termasuk mereka yang sehari hari berada disana seperti sekolah misalnya, juga harus angkat kaki dan ini lah yang terjadi!! Sebuah Sekolah yang terbengakalai dengan lokasi yang sangat dekat dengan area tambang kota kecil Nichitsu.

Kota Nichitsu dahulunya merupakan sebuah kota kecil yang dibangun untuk para keluarga dari golongan pekerja dari area pertambangan tersebut. Ratusan kepala keluarga pun mulai berdatangan untuk memilih tinggal lebih dekat bersama keluarga mereka yang sedang bertugas di area pertambangan ini, maka tumbuhlah sebuah kota kecil yang beranggotakan ratusan keluarga yang berbeda. Dimana ada kota, disitulah ada anak anak, dan begitu juga dengan sebuah “Sekolah” akan tetapi apakah masih ada yang berniat jika sebuah sekolah menengah pertama memiliki suasana seperti foto di atas??

5.  Kota hantu Ashio Dozan

Sebuah kota tambang tembaga di utara-timur Tokyo, sangat terkenal dengan kerusakan yang sangat parah di areal tersebut sehingga sebagian besar penduduk di area ini meninggalkan dan menelantarkannya sekitar 40 tahun yang lalu.



Ingin berkunjung ke tempat tempat ini? usahakan jangan sendirian ataupun pada malam hari, yaa..... cuma ngingetin aja sih minna-san dan juga foto foto mengesankan dari tempat tempat diatas adalah hasil karya dari seorang urban explorer michael jhon grist, jika ingin mengeksplorasi lebih lanjut tempat tempat tersebut silahkan cek link back ini "www.michaeljohngrist.com" douzoo..... 

Site Reference:
Author:
Hamyo 

1 komentar:

  1. di jepang banyak sekali tempat yang ditinggalkan, sehingga tempat-tempat itu menjadi kosong untuk waktu yang sangat lama.

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here