Diberdayakan oleh Blogger.

Anime Romance Setup yang Mainstream


Written by: Kevin


Yow, minna-san!
Untuk Otaku Satnite Fever! Malem ini, boku mau ngasih pendapat soal romance setting di anime yang sudah sangat mainstream, yaitu childhood friend (Teman masa kecil), Transfer student, dan new school.


1. Childhood friend.

Nah, pastinya kalo setting yang satu ini sudah sering banget dipake kan? Sang protagonis kembali ke kampung halamannya, dan bertemu dengan teman masa kecil yang dulunya ngeselin, sekarang jadi moe se-moe - moenya. Atau juga si protagonis yang dulu sempat janji menikah dengan si childhood friend, tapi terpisah jarak, kembali bertemu di kampung halamannya.

Nah, selain itu, juga ada lagi satu setup Childhood friend yang unik, yaitu sang protagonis bertemu dengan seorang cewek, dan setelah lama kenal, dan kadang di momen momen sebelum confess, akhirnya dia tahu kalau si cewek adalah teman masa kecilnya. Contoh setup yang satu ini dipakai di Boku wa Tomododachi ga Sukunai, dan untuk VN, CLANNAD.

2. Transfer student.

Seorang siswa yang tiba tiba pindah ke sekolah, dan menuai masalah di sekolah, atau juga siswi pindahan yang serba dandere, yang menarik perhatian si protagonis yang biasanya sedang duduk bosan di pinggir jendela. setup ini pasti sudah sering banget dipakai di banyak anime romance.
Kadang juga yang menjadi transfer student adalah si protagonis, namun kalau itu kasusnya, maka new school adalah setup yang lebih tepat.


3. New school
"Yosh, hari ini hari pertamaku bersekolah di ****, sebaiknya jangan terlambat"

...dan itulah kata - kata yang biasa dipakai seorang protagonis di anime romance yang bersetup new school. Sang protagonis pun lalu menunggu kereta di stasiun (salah satu skenario: bertemu dengan si romance interest di stasiun), lalu naik kereta menuju sekolah barunya(satu lagi skenario: bertemu di kereta). dan kemudian si protagonis pun tiba di sekolah barunya. Namun, di kelas, ada satu orang cewek yang menarik perhatian si protagonis. Biasanya si cewek itu dandere, bener - bener moe nyampe kawannya bilang kalo nggak mungkin dia bisa deketin, atau rupanya si protagonis pernah ketemu, ngobrol, atau sekedar berpapasan dengan si cewek. Nah, klise banget kan? Contoh anime yang make setup ini adalah Haruhi Suzumiya no Yutsuu dan Chuunibyou Demo Koi ga Shitai.

Di Haruhi Suzumiya no Yutsuu, Kyon yang baru masuk SMA bertemu dengan Haruhi yang unik, dan benar benar menarik perhatian seisi kelas, namun si Kyon sebelumnya belum pernah sekalipun bertemu dengan Haruhi. Sebaliknya, di Chuunibyou Demo Koi ga Shitai, si Yuuta sudah pernah berpapasan dengan Rikka yang sedang turun di balkon apartemennya.

Tipe setup seperti ini adalah sesuatu yang lumayan umum di dunia game Dating Sim atau Visual novel seperti Love Plus atau Katawa Shoujo, karena setup seperti ini memberi kesan "fresh" pada protagonis atau player untuk menjalani hidup romance dari 0(kecuali kalau ada karakter childhood friend).

Nah, seperti yang boku bilang tadi, setup New School ini memang sering digunakan untuk menunjukkan sebuah kehidupan romance yang baru. Coba saja bayangkan jika kalian baru pindah ke sebuah sekolah di Jepang yang dipenuhi dengan cewek - cewek moe bercomplex, yang tidak kalian kenal? Pasti bisa jadi skenario cerita yang bagus dan lumayan panjang, kan?

Sudut pandang protagonis di setup ini pastinya sang siswa baru, dan juga bisa dijadikan sisi lain dari setup transfer student, dimana sang protagonis adalah siswa/siswi yang baru saja pindah ke sebuah sekolah yang tidak dia kenal sama sekali.

Nah, dari semua setup tadi, pasti minna-san setidaknya sudah pernah nonton satu anime yang setupnya seperti salah satu diatas. Tapi dibanding semua setup romance modern yang bahkan mencakup tali persaudaraan, apakah ada yang bisa mengalahkan setup klasik, "Meeting by the river"? XD


Bagikan artikel ini ke teman kalian :

1 komentar: