Diberdayakan oleh Blogger.

Hanako, Hantu gadis kecil yang berkeliaran di toilet sekolah

                                    image source 1

ini adalah postingan pertama dari okonomikatsu yang membahas tentang kisah urban legend di jepang. kita akan membahas tentang hanako, hantu gadis kecil yang sering berkeliaran di toilet-toilet sekolah jepang, hal ini memang terdengar aneh, tapi lebih baik di simak dulu bagaimana asal usul hantu ini..

Penampakan Hanako 
Hanako biasanya sering muncul di siang hari, bahkan keberadaan hantu ini sering di jadikan sebagai Uji Nyali Bagi anak-anak SD di jepang. Biasanya Hanako muncul di Toilet atau Bak mandi yang menunggu siswi sekolah untuk menemukannya. Hanako muncul ketika mengetuk pintu pada baris ketiga sebanyak tiga kali, lalu memanggil namanya, lalu seseorang memberikan suatu pertanyaan seperti "Apakan kau di sini Hanako San?" jika Hanako ada disana maka akan terdengar suara..
Apabila seseorang berani masuk ke toilet tersebut ketika melakukan hal-hal tadi, biasanya akan melihat siswi dengan rok merah yang di tarik ke dalam toilet atau melihat siswi tersebut berdiri dengan rambut ber poni..
Ada yang mengatakan kalau hantu ini akan muncul kalau orang yang akan melihatnya tengah ketakutan..
                               image source 2

Asal Usul Hanako
Hanako pada zaman sekarang merupakan nama yang sudah jarang di pakai, nama tersebut terdengar sangat kuno.. hal ini membuat nama Hanako semakin terdengar nyata sebagai hantu gadis kecil yang meninggal pada zaman dahul..
Legenda hantu ini bermula pada tahun 1950-an dimana pada zaman itu merupakan saat-saat paling menghebohkan ketika penampakan anak kecil ber rok merah, berambut bob pendek dan ber poni, yang muncul di sekolah-sekolah sd di jepang..

berdasarkan cerita dan desas-desus, bahwa sebelum meninggal hanako bersembunyi di toilet sekolah, untuk bersembunyi dari kejaran ibunya yang gila, namun sang ibu berhasil menemukannya, dan membunuhnya langsung di toilet tersebut...
kisah lain mengatakan bahwa Hanako merupakan seorang gadis yang tewas karena serangan udara pada perang dunia II ketika Hanako bermain petak umpet bersama temannya dan bersembunyi di dalam toilet..
Dan cerita lain mengatakan kalau Hanako adalah hantu dari mantan murid yang mengalami kecelakaan di sekolah..

 Setiap anak di jepang mempunyai versi cerita Hanakonya masing-masing..
kehebohan hantu ini kembali terjadi pada tahun 1980, dimana Hanako mulai menampakan diri di SMP dan SMA di jepang..
                                       image source 3
keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa manusia.. Hanako hanyalah makhluk halus yang hanya sekedar menunjukan eksistensinya dan menjadi 'maskot' hantu masa kini yang di takuti anak-anak.

Author:
Mahdi 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

1 komentar:

  1. bukan hanya cerita dan rumar tapi hanako juga di film kan dan memang sangat menakutkan .

    BalasHapus