Diberdayakan oleh Blogger.

Mencicipi Kaiseki, Sajian Makan Malam Tradisional Jepang



Minna san sudah pernah mendengar kaiseki sebelumnya? Kaiseki merupakan salah satu jenis sajian kuliner di Jepang. Kuliner ini terkenal dengan pesona dari penampilan dan penyajian setiap makanannya yang sangat indah dan juga hampir menutupi meja makan minna-san karena memang dalam satu kali penyajian kaiseki ini lumayan banyak jenis dan macam masakannya. Memang lebih enak dijadikan pajangan dari pada kuliner tapi ya sayang sih kalo gak dimakan, buat Minna-san yang belum kenal dengan kuliner satu ini ayo simak lebih lanjut yaa... dozoo :)

Jika diartikan secara bahasa Kaiseki terdiri dari dua kanji yaitu kanji “kai” () yang berarti bagian kimono pada sisi dada dan “Seki” () yang artinya batu. Jika digabung maka kaiseki memiliki artian batu hangat yang di gantung tepat di depan perut para pendeta pada saat mereka sedang  lapar, para pendeta sering melakukan metode ini untuk menahan rasa lapar ketika mereka melakukan ibadah pada saat berdoa di pagi atau sore hari.  Pada awalnya kaiseki merupakan sajian vegetarian pelengkap upacara minum teh (shado) di Jepang, karena orang Jepang percaya bahwa teh yang diminum akan terasa lebih nikmat jika perut tidak kosong maka dari itu disajikanlah kaiseki ini. Tentu saja karena hanya sebagai sajian pendamping kaiseki di zaman dulu sajiannya lebih simpel dan tidak sebanyak sekarang yang bisa mencapai 15 jenis masakan dalam satu kali penyajian. 
 
Pada masa sekarang kaiseki sudah tidak lagi menjadi sebuah sajian kuliner vegetarian yang sangat strict dengan sayuran dan buah buahannya, Kaiseki pada saat ini sudah menyertakan daging sebagai salah satu sajiannya. Daya tarik kaiseki tidak hanya pada masakannya tetapi cara penyajian dan tableware dari kaiseki membuat sajian kuliner ini bukan hanya sekedar sajian kuliner biasa akan tetapi menjadi sebuah seni penyajian  masakan yang sangat indah. Orang Jepang percaya bahwa kaiseki merupakan perpaduan antara masakan, seni, dan alam. 

                                          "Spring Kaiseki"                                Photo by
Setiap varian penyajian kaiseki akan berubah seiring dengan perubahan musim di Jepang, taburan beberapa jenis bunga kecil dan juga irisan daun sangat sering ditemui sebagai toping dari beberapa sajian. Kaiseki biasanya menjadi sajian makan malam bagi para tamu yang menginap di ryokan atau biasa disebut sebagai penginapan tradisional Jepang,  Kaiseki selalu disajikan dengan bahan bahan pilihan yang masih sangat fresh jadi sangat penting bagi para tamu ryokan yang menginap untuk tidak terlambat check in pada saat penyajian kaiseki ini (biasanya sebelum pukul 17:30) jadi para chef yang memasak dapat mengolah bahan bahan yang masih fresh tadi dan menyajikannya kepada para tamu penginapan dalam keadaan masih fresh juga. Kaiseki merupakan kuliner yang sangat alami dan sangat menyatu dengan alam, kesegaran adalah kunci dari penyajian kaiseki. 

                "Jika menginap di ryokan, pastikan minna-san mencicipi Kaiseki ya"                Photo by
Jenis sajian masakan pada kaiseki memiliki jumlah yang berbeda beda, dari yang paling simpel dengan menggunakan 9 sajian masakan atau bisa mencapai 15 macam sajians masakan,  berikut ini beberapa jenis masakan yang biasa ditemui pada saat penyajian kaiseki.

1. Sakizuke
Merupakan sajian pembuka atau appetizer dari kaiseki, mirip dengan french appetizer hanya saja dengan sedikit sentuhan tradisional Jepang dengan adanya taburan bunga bunga kecil sebagai topingnya :)



  Photo by
2. Hassun
Sajian kedua yang biasanya disajikan beriringan dengan sake, biasanya merupakan penentu dari tema keseluruhan penyajian dari kaiseki :)

Photo by

3. Mukozuke
Naaah!! ini dia the meat part of  kaiseki, biasanya sih sajiannya berupa seasonal sashimi.

Photo by
4. Takiwase 
kombinasi antara sayuran, ikan laut, tofu(tahu), dan daging.
Photo by
5.Futamono

Sajian kecil dalam sebuah wadah yang tertutup biasanya dalam bentuk sup atau pun sajian yang berkuah.
Photo by
6.Yakimono
sajian ikan panggang, selamat bersenang-senang kalian para pecinta ikan :)
photo by

7. Suzakana
Sajian kecil ini sebagai pencuci mulut 
Photo by
8.Nakacho
Sebuah pilihan sajian pencuci mulut lainnya dengan sedikit rasa cuka pada kuahnya.
Photo by
9. Shiizanaka
Sajian hangat berkuah biasanya berupa seafood seperti kepiting ataupun lobster 
Photo by

10. Gohan
Nasi gak boleh ketinggalan dong tentunya, ya walaupun cuma dengan porsi kecil. hehehe
Photo by
11. Tomewan
Sajian berupa Miso soup yang biasa disajikan pada saat terakhir sebelum hidangan penutup untuk memastikan para tamu sudah tidak lapar lagi, hidangan yang satu ini biasanya dilewatkan saja oleh para tamu ya karena memang kapasitas perut sudah gak sanggup lagi. hehehe
Photo by
12. Mizumono
Akhirnya sampai juga kita pada hidangan penutup, biasanya minna-san akan menemukan sajian berupa kue puding kecil atau pun beberapa buah buahan segar.
Photo by
Harga dari Kaiseki ini juga tergolong sangat mahal, satu kali penyajian saja bisa mencapai 15.000 sampai 40.000 yen!! Bayangkan tuh kalo di jadiin rupiah bisa sampai 1 juta atau 4 juta Cuma untuk satu kali makan malam. Terus gimana mau nyobain pengalaman makan kaiseki kalo uang kita lagi pas pasan??  Tenang dulu minna-san, naah kalo misalkan minna-san jalan jalan ke Jepang dan menginap di ryokan dengan budget yang terbilang cukup terbatas minna-san bisa tetap mendapat pengalaman mencicipi sajian kaiseki versi murahnya yaitu kaiseki bento yang disajikan untuk makan siang saja. Harga dari kaiseki bento ini hanya sekitar 3000 sampai 6000 yen, lumayan beda jauh kan dengan Kaiseki yang disajikan untuk makan malam tapi juga sesuai nama dan harganya, cara penyajian dan tampilannya juga pasti jauh beda dengan kaiseki  yang disajikan untuk makan malam, tapi untuk rasa pokoknya minna-san jangan pernah meragukan kuliner dari Jepang yang satu ini deh. :D 

                                      "Satu set sajian kaiseki bento siap disantap, Itadakimasu!! :D"            Photo by


Tertarik untuk mencoba kaiseki? Minna-san yang udah pernah nyobain kaiseki boleh share ke kita pengalamannya ya kalo bisa sekalian juga share ke kita kaisekinya. :D Silahkan langsung penuhin kolom komentar ya minna-san, :D  komentar kalian berarti banyak buat kami semua untuk lebih semangat lagi menyajikan info info dan daily update setiap harinya hanya buat minna-san. Yoroshiku ne minna :)

Site Reference:
Japan-Talk

Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

1 komentar:

  1. oh sajian makan malam di jepang seperti itu, terimakasih informasinya.

    BalasHapus