Diberdayakan oleh Blogger.

Sapporo Snow Festival, Festival Meriah di Tengah Dinginnya Balutan Salju

Written by: Hamyo


Image 1 source                               "Sapporo Snow Wonderland"     

Masyarakat Jepang memang penggila festival, hampir di setiap musim dan setiap bulan diadakan festival di berbagai prefektur di Jepang tanpa terkecuali pada musim dingin sekalipun. Sapporo snow festival, siapa yang tidak mengenal festival musim dingin yang satu ini, meskipun ketika musim dingin tiba juga banyak diadakan festival musim dingin di berbagai daerah lainnya di Jepang, akan tetapi Sapporo snow festival tetap menjadi yang paling dinantikan tidak hanya oleh turis lokal melainkan juga turis dari mancanegara.

Kenapa Sapporo Snow Festival begitu spesial?

image 2 source          "So many ice or snow sculpture, this is the epic one"

Sapporo Snow festival adalah festival musim dingin terbesar di seluruh Jepang. Setiap tahunnya jutaan turis baik lokal maupun mancanegara berbondong bondong datang ke sapporo untuk menikmati Indahnya patung es dan salju hasil karya dari para pemahat salju profesional. Festival ini terbentang mulai dari Odori park, Comunity Dome Tsudome, dan di jalan utama Susikino. Selama 7 hari patung patung es dan salju ini merubah Sapporo menjadi seperti sebuah taman impian salju yang sangat megah dan indah.  

Para pemahat ini bukan hanya berasal dari jepang saja, akan tetapi dari hampir seluruh penjuru dunia karena event perlombaan ice sculpture dan snow festival di sapporo ini mengundang perwakilan beberapa negara untuk mengirim tim pemahat es dan salju mereka untuk ikut serta berlomba di sapporo. FYI Indonesia snow sculpture team juga ikut serta di event yang sangat meriah ini dan berhasil meraih juara 3!! Yeaaaah Indonesia!! :D

                                image 3 source    "Come on guys, we are Indonesian!!"


Image 4 source  "Allright, We are almost done!!"


                               Image 5 source            "Smells like a victory :)"


How it begin?

                                                       "Sapporo Snow Festival 2013"
                                                         Image 6 source

Sapporo Snow Festival pertama kali digelar pada tahun 1950 di Odori Park, pada masa itu Sapporo snow festival hanyalah festival kecil kecilan dengan hanya memamerkan 6 patung salju hasil pahatan dari siswa sekolah lokal setempat. Akan tetapi seiring hari itu, Sapporo snow festival menarik perhatian banyak orang bukan hanya penduduk lokal tetapi juga para turis asing. 

Pada tahun 1955 tepat 5 tahun setelah festival pertama digelar, sejumlah pasukan militer pertahanan lokal ikut serta dalam festival tersebut dan berhasil membangun pahatan salju yang sangat indah untuk pertama kalinya, dari sinilah Sapporo snow festival mulai dikenal. Sapporo ditunjuk menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan Olimpiade musim dingin pada tahun 1972 dan Snow festival sapporo sudah sangat terkenal di media internasional pada era itu. Perlombaan snow sculpture sendiri mulai digelar sebagai bagian dari festival ini pada tahun 1974, beberapa negara diikut sertakan dalam perlombaan ini termasuk negara yang tidak memiliki musim dingin/salju.


Image 7 source                             "Chibi maruko-chan snow sculpture"

Image 8 source                         "Taiwan's Chiang kai shek Memorial Hall"


Image 9 source                             "Thailand's Wat Benchamabophit"


 Image 10 source                                         "Ise Jingu"


 Image 11 source                     "Projection mapping display pada malam hari"


 Image 12 source         "Food fair, banyak dijajakan kuliner juga souvenir khas Hokkaido"


Image 13 source                            "Anytime and Any place, it's just about art :) "



Image 14 source                         "Ice sculpture display, pada malam hari"

Sapporo snow festival di kembangkan oleh beberapa negara yang memiliki kedekatan hubungan internasional dengan Jepang seperti China (sehyang), Canada (Alberta), dan juga USA (Portland) festival yang semula hanya merupakan festival kecil kecilan berskala lokal ini sekarang telah berubah menjadi festival musim dingin yang terbesar dan paling terkenal di Jepang juga dunia.
     
Apa kalian sudah pernah mengikuti festival ini? Apa kalian hadir di Sapporo snow festival 2013? adakah festival musim dingin di beberapa prefektur lainnya yang menurut kalian tidak kalah menarik? Ayo share pengalaman kalian di kolom comment :)   


Bagikan artikel ini ke teman kalian :

2 komentar:

  1. aaa keren bangeet!! jadi pengen ke jepang deeeh ><
    arigatou gozaimasu for those wonderful information!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah domou arigatou minna-san udah mampir di blog kita, komen nya jadi bikin kita makin semangat ngeblog. :)

      Hapus