Diberdayakan oleh Blogger.

Hachinohe city, Ayo Kita Kanpai di Izakaya

Image 1 source

Minna-san konichiwa  :) Ayo ayo semangat,  hari ini kita bakal mengajak kalian jalan jalan menyusuri Hachinohe city. Hachinohe city terletak di sebelah tenggara Prefektur Aomori, perjalanan menuju hachinohe menggunakan shinkansen kurang lebih sekitar 3 jam dari tokyo. jumlah total penduduk di kota ini sekitar 200 ribu lebih, Hachinohe terkenal dengan hasil laut nya dan tentu saja Izakaya, Oyeaaaaah this is the best part!!

Image 2 source                             "Hachinohe city location"


Apa itu Izakaya, how it begin?

Image 3 source

Izakaya secara umum bisa disebut sebagai kedai minum tradisional Jepang. Izakaya  Berasal dari kata izake yang berarti minum sambil tetap berada di dalam, pada zaman edo tempat tempat yang menjual sake secara eceran memulai untuk menyediakan tempat untuk minum di dalam toko, seiring itu tempat tempat ini mulai menyediakan hidangan sederhana atau yang biasa disebut sakana bagi para pelanggan yang mampir untuk minum. Untuk memudahkan para pelanggan membedakan toko ini dengan toko penjualan sake eceran biasa, pemilik toko pun memasang penanda berupa kertas yang bertuliskan “izake itashi sooroo” yang artinya boleh minum di dalam.

Izakaya dan sejarah singkat yokocho


                                                Image 4 source

Hachinohe memiliki delapan yokocho lebih banyak dibanding dengan kota kota lainnya di Jepang. Yokocho adalah sebuah gang sempit yang di kedua sisinya berjejer izakaya dan membentuk sebuah rute. Rute ini terbentuk sekitar 400 tahun yang lalu ketika dibangunnya kastil di daerah ini, orang orang mulai berdatangan untuk bermukim, untuk memudahkan mereka menjangkau sebuah tempat agar tidak memutar melalui rute utama maka penduduk pun mulai membuat jalan pintas berupa rute rute sempit yang menghubungkan beberapa jalan utama. 

Pada tahun 1950-an kehidupan malam dan hiburan mulai diperbolehkan oleh pemerintah sehingga membuat rute rute sempit ini menjadi tempat yang ideal untuk membuka restoran, tempat hiburan, dan juga Izakaya. Masing masing yokocho memiliki nama di gerbang masuknya dan di dalamnya terdapat beberapa izakaya yang terbentang di kedua sisinya, tentu saja ini memudahkan bagi para pelanggan tetap yang ingin berkunjung untuk menemukan izakaya favoritnya. Ada beberapa yokocho yang terkenal di hachinohe misalnya hachinohe showa dori, Tanoki Koji, dan Gobangai.

















Apa saja yang bisa dilakukan di izakaya?

Image 8 source

Apa lagi kalo bukan ber “Kanpai” ria melepas penat setelah seharian bekerja, izakaya pun menjadi tempat yang pas untuk melakukan perayaan kecil kecilan seperti berkumpul sambil minum sake bersama teman teman lama atau bisa juga menjadi tempat yang bagus untuk pacaran (ya kalo punya sih). Makanan yang disajikan berbarengan dengan sake tentu memiliki rasa dan kesan yang berbeda, makanan yang paling sering dijumpai di izakaya seperti oden dan yakitori.


                                Image 9 source              "Sake in it's finest"
          

                               Image 10 source    "you're gonna have a bad time, udon :D"


                                Image 11 source      "Om.....nom...nom....nom.....nom..."

Tentunya suasana di dalam Izakaya sangat menenangkan dan bersahabat. Bayangkan saja kita duduk berdampingan bersama pelanggan pelanggan tetap yang sangat bersahabat, pemilik izakaya yang juga tidak kalah ramah siap untuk melayani sepenuh hati dengan sake terbaik dan juga makanan ter enak. Izakaya bukan cuma sekedar tempat mabuk mabukan dan minum sake sepuasnya, lebih dari itu Izakaya merupakan tempat untuk mempererat persahabatan, mendapat teman baru, dan merasakan suasana yang pokoknya tradisional jepang banget deh, “Kanpaaaaaaai!!” 

                  Image 12 source

Apa kalian sudah pernah mengunjungi izakaya sebelumnya? Bagaimana suasananya? apa ada izakaya yang tidak kalah menarik dari izakaya di Hachinohe? Silahkan share info tambahan dan pengalaman kalian di kolom comment. :)   

Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

4 komentar: